6 Juni 2013

Gaya Belajar Si Visual


Melanjutkan perbincangan tentang gaya belajar seseorang. Kali ini saya mencoba membahas tentang gaya belajar tipe Visual. Tipe belajar jenis ini tremasuk tipe belajar dimana banyak sekali orang yang termasuk dalam tipe ini.

Seperti namanya, orang dengan gaya belajar jenis ini akan lebih memaksimalkan indra penglihatannya untuk menangkap suatu informasi. Ia akan lebih fokus terhadap cara pengerjaan sesuatu, dan segala hal yang terjadi pada sesuatu dengan melihatnya sendiri. Ia akan senang memperhatikan gaya guru atau oranglain menerangkan sesuatu. Ia fokus terhadap mimik wajah, ekspresi, dan bahasa tubuh orang lain secara langsung tanpa penghalang apapun.

Orang dengan tipe visual ini akan nyaman jika berada pada deretan paling depan ketika berada di kelas, seminar atau acara apapun. Atau berada pada posisi yang membuatnya bebas memperhatikan nara sumber agar apa yang disampaikan oleh nara sumber tersebut cepat diterima oleh otaknya. Diperkirakan bahwa hampir 60% dari populasi manusia di dunia memiliki gaya belajar visual ini.

Karakteristik yang sangat nampak dan mudah dideteksi dari pembelajar visual ini adalah kecintaannya pada buku, majalah dan apapun yang bisa dibacanya. Baik berupa tulisan, angka dan juga gambar. Si Visual juga memiliki ingatan fotografis yang baik dimana ia juga bisa mengingat sumber informasi yang didapatkannya. Si Visual juga menyukai tempat-tempat sepi atau tenang untuk proses penyerapan informasinya. Sikap dan gayanya juga terkesan rapi dan teratur serta agak sulit menerima informasi dari lisan.

Sehingga, untuk mempermudah pembelajaran bagi si Visual, tempatkanlah ia pada barisan pertama yang membuatnya mudah berkonsentrasi dengan sumber materi. Diskusi dua arah dengannya haruslah melibatkan tulisan yang membuat informasi yang masuk ke otaknya searah dengan gaya belajarnya. Gunakan fasilitas video atau film serta gambar untuk melekatkan suatu informasi di ingatannya. Pergunakan pula penegasan dengan ilustrasi untuk mengingat hal-hal penting dan poin yang sulit dimengerti.

Semoga bermanfaat... ^^

1 komentar:

  1. Ih ini saya banget Mak, betul semua dah apa yang disebutkan.
    Mulai dari suka duduk di depan, suka majala, buku.
    Sip, artikel yang bagus.

    BalasHapus

Mohon tinggalkan jejak anda di sini ya... :D