8 Juni 2013

Kenapa Harus Belanja Online?

gambar dari sini
Mengenal dunia online mungkin sudah saya mulai sejak saya di bangku SMK ya... tapi untuk benar-benar menyelam di dalamnya, mungkin baru sekitar 5 tahunan ini. Awalnya hanya memanfaatkan sosial network dan browsing. Chatting juga sih... buat nambah teman. Tapi semakin lama semakin banyak dapat informasi, semakin banyak pula yang saya manfaatkan dari fasilitas online. Salah satunya belanja online.

Jujur saya ini tipe orang yang nggak suka ribet untuk ngubek-ngubek barang di Mall atau di pusat-pusat perbelanjaan. Kalau memang butuh sesuatu, mau beli baju atau sepatu, suka tengsin duluan kalau diliatin sama pramuniaganya. Hasilnya? Asal comot deh, sampai di rumah baru nyesal kenapa nggak milih bener-bener. Duh! Masalah banget buat saya. Masih mending kalau pilih makanan, dalam hal ini saya agak lebih pinter dibandingin memilih barang-barang lainnya. 

Pernah suatu kali, saya jalan-jalan sendirian di sebuah pusat perbelanjaan di kota Balikpapan. Rencananya sih mau beli baju dan sedikit pemoles wajah (habis gajian ceritanya). Eh, yang mau dibeli apa, yang terbeli apa juga. Nggak sesuai deh pokoknya. Gara-gara ciut ngeliat Mbak-mbak yang jualan mukanya dilipat seribu. Dikira saya nggak bisa bayar kali ya,, (Astaghfirullah, suudzhon ini ya) Ah, pokoknya ribet deh saya nih. Makanya alternatif kalau mau belanja harus ngajak teman yang sudah ahli dalam hal ini. Biasanya sih minta temanin Mbak Eryn tersayang buat pilih-pilih. Kalau ada temannya tuh, agak sedikit berani saya.

Tibalah saatnya saya membutuhkan softlense untuk menggantikan kacamata untuk sekali waktu ketika hidung saya mulai letih dibebani oleh mata tambahan saya itu. Cari di optik, malu! Soalnya nggak punya banyak budget. Apalagi teman-teman pada bilang kalau softlense di optik itu harganya mahal. Nah salah satu teman menyarankan belanja softlense online di www.softlensbotique.com. Selain murah, juga ada gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Modelnya juga keren-keren. Dan yang pasti saya nggak perlu terlihat rikuh untuk pilih-pilih model yang sesuai. Tinggal sebutin kode produk yang diinginkan, transfer sejumlah uang untuk pembayaran, dan beberapa hari kemudian si softlense mendarat dengan selamat. Mudah banget ya! 

Memang sih, banyak cerita-cerita miring tentang belanja online yang kadang merugikan para konsumen. tapi jangan salah, para penjual online juga sering tuh kena tipu para konsumen abal-abalnya. Jangankan online di offline aja bisa terjadi kejadian serupa. Tapi Alhamdulillah sih, saya cukup bisa menilai mana online shop abal-abal dan mana yang bisa dipercaya. Kalau toh memang sudah waktunya kena tipu, berarti sedang diajarkan ilmu ikhlas sama Allah. Tapi mudahan nggak deh :)

Setelah kesuksesan belanja online yang pertamakalinya itu, saya mulai merasa nyaman dan ketagihan. Beberapa baju sudah saya pakai dengan cara online. Hasilnya cukup memuaskan. Sesuai dengan gambar. Memang beberapa diantaranya adalah online shop milik pribadi di jejaring sosial yang sudah saya kenal pemiliknya. Tapi ada juga yang saya beli dari http://gaunbatik.net/. Pelayanannya baik, ramah dan bisa dipercaya. Bahkan bisa di nego kalau keuangan lagi macet dan mau jadi reseller. Apalagi sekarang sudah banyak Bank yang menyediakan fasilitas e-banking. Jadi belanjanya tinggal duduk diam di depan notebook. Nggak usah panas-panasan, ribet pilih-pilih barang, diliatin pula sama penjualnya. Hehe. Suami pernah nanya kenapa saya lebih suka belanja online ketimbang belanja langsung ke toko. Saya bilang kenapa harus ribet kalau bisa simpel. Memang sih dalam akad jual beli harus tau persis dulu barang yang mau di beli. Dan harus pasti dulu barangnya ada. Lebih baik memang membeli barang yang sudah nampak wujudnya di depan mata. Tapi kalau si penjual online insya Allah bisa dipercaya bahwa barang yang difoto itu benar-benar dalam kondisi baik dan stoknya ada, kenapa tidak? Lagipula bagi saya pribadi, kalau memang toh ada hal buruk yang disengajakan oleh pihak penjual, dosanya kan mereka yang tanggung. :D

Tapi ya, biasanya yang bikin malas belanja online itu kalau kepentok ongkos kirim. Untuk daerah Kalimantan Timur agak pedalaman seperti domisili saya sekarang di Kutai Barat, ongkos kirimnya hampir sama dengan jumlah pembelanjaan. Bangkrut je! Tapi tetep nggak buat saya kapok kok belanja online. Pilih-pilih juga sih yang kira-kira sebanding sama ongkos kirimnya. Habisnya, daripada sampai di pasar malah ngeblank mau belanja apa... mendingan belanja online aja lebih simpel. Heheh.

Do'a saya sih, semoga para pemilik toko online pada bisa menjaga kepercayaan para konsumennya. Begitu juga sebaliknya. :D


13 komentar:

  1. Balasan
    1. iya... tapi pakainya sekali-sekali aja. :) kalau pas hidung membutuhkan pertolongan. hehe

      Hapus
  2. hihi. ternyata ada juga ya pembeli abal-abal. :D

    Yes! tercatat sebagai peserta pertama,

    Terima kasih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dong, biar adil :D

      Wish me luck deh... paling ga, ada satu hadiah yang nyantol! Amin amin.. :P

      Hapus
  3. Ada juga ya, kontak lensa yg dijual secara online? memang sudah canggih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah lebih banyak dijual online, Mba. Yang saya tau :D

      Terima kasih sudah mampir...

      Hapus
  4. sekarang apapun mudah dibeli via ol ya, mak. praktis. hehe

    BalasHapus
  5. Kubar memang jauuh, jadi ongkirnya rada mahal. Tapi pilihan untuk belanja onlen memang tepat sih, daripada mesti jauh-jauh ke Samarinda atau ke Balikpapan dulu buat syoping :D
    Kalo ke Samarinda, kabar2in diriku ya... #eh

    Terima kasih sudah ikutan Arr Rian's Giveaway ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba... benerrr banget! :D Wish me luck deh pokoknya...

      Hapus
    2. huum saya kadang dapat customer dari kalimantan dan rata2 ongkir ke sana mahal dari makassar. mbak dyah seperti adikku dia juga tidak suka diliatin kalo belanja cuma bedaya adikku itu malu menanyakan harga jadinya harus selalu ditemani hehehe
      salam kenal mba dari hima

      Hapus

Mohon tinggalkan jejak anda di sini ya... :D