10 April 2013

Mengenali Batuk pada Bayi


Menurut Wikipedia, batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.
Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.
Pada bayi, tentu saja batuk menjadi hal yang sangat menyiksa. Begitu pula dengan orang dewasa. Bedanya, orang dewasa bisa lebih mudah mencari dan mengonsumsi obat yang sesuai. Sebab pertahanan tubuh orang dewasa sangatlah berbeda dengan pertahanan tubuh bayi. Oleh karenanya, obat yang digunakan untuk mengatasi batuk pada bayi juga bukan sembarang obat. Bukan obat yang sama seperti obat orang dewasa.
Pemakaian obat-obat kimia untuk bayi tentu masih sangat dihindari. Sebab bayi masih sangat rentan dengan hal itu. Kalaupun memang tidak ada jalan lain selain menggunakan obat kimia, tentulah dengan dosis dan takaran yang tidak sama dengan takaran orang dewasa.
Ada baiknya, saat bayi menderita batuk, orang tua terlebih dahulu mencoba mengatasinya dengan penggunaan obat herbal atau obat tradisional. Sebab diharapkan obat herbal atau obat tradisional tidak menimbulkan efek samping untuk bayi.
Sebagai referensi, beberapa obat tradisional untuk mengatasi batuk pada bayi diataranya dengan memberikan perasan jeruk nipis dicampur dengan madu. Sebaiknya jangan terlalu banyak, sebab yang ditakutkan si bayi akan kesulitan menelan. Jika dalam 3 hari batuk tidak berkurang juga, orang tua bisa berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan solusi terbaik. Atau bisa juga dengan mengurut-urut badan bayi dengan menggunakan bawang. Agar menimbulkan efek hangat pada badan bayi.

1 komentar:

Mohon tinggalkan jejak anda di sini ya... :D