11 Mei 2013

Fenomena Black Market


Perdagangan atau jual beli merupakan salah satu dari banyak usaha yang digemari masyarakat. Semakin berkembangnya zaman, semakin tinggi pula tingkat konsumtifitas manusia. Persaingan bebas juga semakin sarat untuk merebutkan pangsa pasar. Akhirnya segala hal dapat dihalalkan untuk bisa survive dalam dunia perdagangan. Berbagai cara dicoba untuk mendapatkan konsumen. Adalah Black Market, sebuah jalan pendistribusian barang yang dilakukan secara ilegal guna menghindarkan pelakunya terkena wajib pajak. Biasanya dikenal juga dengan istilah pasar gelap.

Black Market sendiri, semakin hari semakin mendunia saja. Segala hal dapat diperjualbelikan dengannya. Perdagangan anak, organ tubuh, peralatan rumah tangga, barang-barang elektronik, dan juga peralatan teknologi. Sekalipun kualitas barang yang diperdagangkannya tidak seperti barang yang diperdagangkan secara legal, tetap saja banyak konsumen yang tertarik padanya. Namun ada juga yang merasa tertipu karena nyatanya barang yang dibelinya ternyata tidak berkualitas sama dengan yang original. Lantas, mengapa banyak orang yang memilih untuk membeli barang dari Black Market? Alasan yang pertama masih berkutat dengan harga jual. Harga barang dari Black Market cenderung berada di bawah barang original. Wajar saja, sebab ada beberapa kelengkapan yang tidak disertakan dalam barang Blackmarket. Seperti tidak adanya nomer seri yang terdaftar untuk garansi produk. Sekalipun secara kasat mata, kondisi barang dari Black Market dan original tidak ditemukan perbedaan yang mencolok. Namun, jika ditelisik lebih dalam lagi, anda tentu dapat menemukan perbedaannya. Seperti lebih sederhananya fitur atau berkurangnya spesifikasi dari produk tersebut.

Semakin bertambahnya produk unggulan dari masing-masing perusahaan teknologi, mungkin juga menjadi salah satu pemicu mewabahnya Black Market ini. Jika anda merupakan konsumen yang memang lebih memilih untuk membeli peralatan teknologi melalui Black Market, tentu anda harus dapat memikirkan resikonya. Namun, jika anda tidak ingin salah memprediksi apakah barang yang anda beli merupakan barang dari black market atau bukan, berikut beberapa hal yang harus anda ketahui. Biasanya, barang yang dijual di Black Market merupakan barang-barang yang sedang menjadi tranding topic dan banyak dicari para konsumennya. Harga dari barang di Black Market tersebut berada pada kisaran yang cukup jauh dibanding harga pasarannya. Yang paling nampak dari barang di Black Market adalah tidak disertainya garansi pada produk tersebut. Sehingga anda tidak dapat melakukan klaim pada service center resminya jika barang tersebut mengalami kerusakan. Barang pada Black Market ditemukan di outlet-outlet yang tidak resmi. Sebab pada distributor resmi, barang tentu akan disertai dengan garansi produk resmi dari perusahaan pembuatnya. Aplikasi yang berada di dalam barang Black Market disinyalir juga sebagai aplikasi ilegal.

Untuk semakin menegaskan barang tersebut adalah barang Black Market atau bukan, anda dapat memastikan keaslian barang tersebut pada dealer resmi yang bersangkutan. Dan akan lebih baik jika anda mendapatkan barang yang anda inginkan langsung dari dealer resminya. Perhatikan juga ada atau tidaknya hologram yang biasanya berada pada kartu garansi dari barang resmi. Jika tidak ada kartu garansi yang menyertai produk tersebut, hanya ada dua kemungkinanya, barang tersebut adalah barang second atau bisa juga barang Black Market. Selain itu anda juga perlu waspada jika waktu garansi yang tertera pada kartu garansi terlampau singkat. Selain itu juga anda perlu waspada terhadap barang-barang tiruan yang saat ini juga marak tersebar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karenanya, anda sangat perlu untuk berwaspada agar tidak menyesal nantinya. Lakukanlah penelitian yang sungguh-sungguh sebelum membeli sebuah barang. Apalagi jika ternyata barang tersebut memaksa anda untuk merogoh kocek lebih dalam. 

Tentu saja review ini berlaku bagi anda konsumen market legal. Agar anda tidak salah memilih barang yang anda inginkan. Namun bagi anda yang lebih tertarik untuk membeli barang dari black market, tentunya review inti tidak bermaksud untuk menyudutkan anda. Sebab masing-masing pribadi pasti memiliki sudut pandang dan pendapat yang berbeda. 


0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan jejak anda di sini ya... :D