12 Maret 2013

Ingin Lebih Cantik?

Cantik? Satu kata dengan berjuta pesona yang memikat kaum hawa hingga melakukan segala macam cara untuk mendapatkannya. Siapa sih perempuan yang tidak ingin menjadi cantik di hadapan orang lain? Naluriahnya perasaan ini pasti dimiliki oleh semua perempuan. Tidak peduli usia. Sebab anak kecilpun akan berlaku sama untuk mendapatkan pujian dari sekelilingnya.

Mengapa harus cantik?
Cantik secara fisik nyatanya memang merupakan daya tarik yang sangat besar bagi seorang perempuan. Wajar jika kemudian 'berpenampilan menarik' dalam artian 'cantik' dijadikan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Ya, untuk brand produk tertentu memang membutuhkan kecantikan sebagai daya tarik produk tersebut.

Pemikiran umum yang terjadi adalah: Ketika seorang perempuan cantik, ia akan mudah mendapatkan pekerjaan. Jika seorang perempuan cantik, ia akan banyak memiliki teman. Jika seorang perempuan cantik, ia akan mudah mendapatkan pasangan. Jika seorang perempuan cantik, ia akan disayang pasangannya. Jika seorang perempuan cantik, ia akan menjadi lebih percaya diri untuk tampil dihadapan orang.

Dengan anggapan seperti itulah akhirnya semua perempuan berlomba-lomba menjadi cantik. Begitu banyak brand yang kemudian muncul dan dipertontonkan secara bebas melalui media. Cantik itu kulit mulus, putih, berseri, bercahaya, tanpa komedo dan jerawat. Cantik itu tubuh semampai dengan lekukan-lekukan yang menyerupai biola. Cantik itu rambut hitam panjang lurus bak cleopatra. Cantik itu kulit halus, lembab, bersih, dan yang terakhir adalah bebas bulu... :D

Beribu macam produk kecantikan tersebar dari belahan dunia barat hingga ke timur. Beribu macam treatment kecantikan dengan beragam merek dan harga serta keunggulan yang ditawarkan juga terus bersaing mendapatkan simpatik dari para kaum perempuan. Aksesoris, fashion, dan segala macam yang berhubungan dengan penampilan perempuan, selalu memiliki daya tarik untuk diproduksi dan dipasarkan. Sebab nyatanya, produk-produk tersebut menjadi produk yang memiliki daya jual tinggi. Apalagi dengan jasa iklan yang 'wah' dan model yang tak kalah 'wah'nya. Sekalipun model yang dipakai jasanya itu memang sudah cantik dari lahirnya. Bukan karena produk yang diperankannya. Tapi sekali lagi, yang demikian itu adalah kepentingan iklan. Yang penting adalah menarik minat konsumen.

Tidak ada yang melarang perempuan, siapapun dia, untuk mempercantik diri dengan cara yang dipilihnya. Sah-sah saja. Selama tidak merugikan dirinya sendiri.

Dalam agama islam, kata cantik disebutkan sebagai 'qorrota a'yuun: penyejuk mata atau pandangan'. Jadi dalam konteks islam, siapapun yang menyejukkan pandangan orang yang memandangnya, maka bisa juga disebut cantik. Cantik dalam arti luas tidak hanya terpatok pada lahiriahnya saja tapi juga batiniah dan ruhaniahnya. Jika memang secara pandangan ia menyejukkan namun kelakuannya membuat darah tinggi serta sakit-sakitan, untuk apa?

Jika cantik secara lahiriah dapat dibuat dalam waktu kurang dari setengah jam dengan warna-warni serta pernak-pernik polesan, apakah hal itu juga terjadi dengan cantik secara batiniah dan ruhaniah? Tentu tidak! Sebab cantik secara batiniah dan ruhaniah itu adalah sebuah proses. Sebab air wudhu tidak serta merta membuat wajah bercahaya hanya dalam satu kali wudhu. Shalat juga tidak akan langsung memancarkan aura positif hanya dalam satu kali shalat. Seperti halnya polesan. Cantik yang bersifat inner beauty tidak akan didapatkan dengan cara instant. Karenanya tidak semua perempuan yang fisiknya cantik memiliki inner beauty.

Tidak sedikit lho, perempuan tanpa riasan apapun, yang malah tampak lebih cantik dibandingkan perempuan dengan fisik yang secara kasat mata terlihat cantik. Apalagi ketika perempuan tersebut kemudian dirias. Wah! Kelihatannya malah jauuuhhh lebih indah.

Cantik alami itu akan muncul dengan sendirinya sesuai dengan kadar keimanan kita. Frekuensi wudhu, tawadhu, dan ibadah menjadi acuannya. Memang tubuh perlu perawatan. Tapi jangan juga kemudian hanya mengandalkan perawatan yang bersifat tampilannya saja. Tapi nutrisi dan aura positifnya juga harus dijaga. Cantik, anggun, sopan dan kecantikan yang tidak diumbar, pasti akan menjadi lebih mulia dihadapan Allah.

Ingin menjadi lebih cantik? Sok atuuhh... :D


0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan jejak anda di sini ya... :D